Kamis, 21 Maret 2013

10 Jenis Makanan SEHAT Anti Kolesterol


10 Jenis Makanan SEHAT  Anti Kolesterol 



Untuk mencapai gaya hidup yang sehat, kita harus tahu bagaimana cara untuk memastikan tubuh kita sehat dan bebas dari penyakit. Di antara hal yang paling penting adalah soal menjaga makanan. Namun demikian, makanan yang berkolestrol tinggi sering menjadi pilihan kita. Ini tidak mencerminkan gaya hidup sehat. Berikut ini daftar 10 jenis makanan yang bisamengurangi/menurunkan kolesterol. Bagi anda yang sedang menjalani proses menurunkan berat badan, ada baiknya anda menyimak artikel ini. Makanan apa saja itu? Nah berikut beberapa makanan anti kolesterol tersebut :

1. SOYA alias Kedelai
Kacang kedelai dalam hal ini tentu saja tempe, merupakan makanan populer yang diproses untk mendapatkan Kacang kedelai mengandung 48% protein, lesitin, vitamin & zat mineral. Ia juga dapat menghidarkan penyakit jantung dan diabetes. Kaya kalsium & Mineral yang membantu memecah lemak. Ia membantu menyusutkan nilai Lemak jahat (LDL) dan meningkatkan kadar lemak baik (HDL)

2. KUACI
Kuaci memiliki kandungan zat besi. Pola makan yang rendah dgn zat besi bisa menaikkan kadar kolesterol LDL sekaligus membatasi kolesterol HDL. Mulai pengambilan kuaci jenis tawar seperti dari jenis labu atau bunga matahari untuk menambah zat besi

3. BUAH KERING
Antar berbagai jenis buah kering, jeruk kering adalah yang paling banyak mengandung flavanoid. Konsumsinya mampu menyingkirkan kelebihan lemak LDL sehingga dapat mengurangi risiko sserangan jantung. Flavanoid juga tersedia dalam teh, brokoli, tomat, bawang dan delima.

4. Apel
Memakan sebiji apel atau meminum jusnya setiap hari cukup untuk memberikan khasiat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Anak-anak yang memakan makanan cepat saji dan kemudian memakan apel ataupun minum jusnya, sebenarnya menyeimbangkan kandungan dan mencegah terjadi lemak berlebih di dalam tubuh

5. IKAN TUNA
Termasuk sumber asam lemak omega-3 yang populer, selain salmon dan makarel. Omega-3 secara khusus melindungi tubuh dari peningkatan kadar kolesterol LDL.

6. KACANG TANAH
Kacang tanah yang dipanggang mengandung lemak sehat dan kaya dengan vitamin E. Ini bisa mencegah radikal bebas agar tidak merusak kolesterol LDL dan dapat menghindari tubuh dari serangan jantung

7. MANGGA
Vitamin C banyak terdapat dalam mangga. Sumber lain: belimbing, kedodong, pepaya, rambutan, stroberi dan kiwi. Vitamin C bisa mencegah kolesterol LDL dalam tubuh

8. KISMIS
Buah kismis mengandung senyawa yang mampu menurunkan kolesterol. Orang yang menerapkan diet dgn 400 kalori kismis setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 8%.

9. OAT
Banyak dari penelitian ilmiah yang dilakukan telah menunjukkan bahwa konsumsi oat setiap pagi dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Serat mudah larut dalam oat bisa mengurangi risiko penyakit jantung apabila menjadi bagian diet rendah lemak dan kolesterol Anda.


10. JAMBU BATU
Jambu Batu mampu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh sebanyak 18.8%. Direkomendasikan mengambilnya setiap hari dalam jumlah cukup untuk memastikan khasiatnya menangani tubuh. Jumlah yang disarankan adalah 400gm sehari, yaitu sebuah setengah selama empat minggu. Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa melupakan diet seimbang, jambu batu adalah pilihan yang cocok10 Jenis Makanan Anti Kolesterol yang Menyehatkan.

Demikianlah sedikit informasi tentang makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost